Mohon Anda membaca Kebijakan Privasi ini dengan seksama untuk memastikan bahwa Anda memahami bagaimana ketentuan Kebijakan Privasi ini diberlakukan. Kebijakan Privasi berikut ini menjelaskan bagaimana kami mengumpulkan, menggunakan, memindahkan, mengungkapkan dan melindungi informasi pribadi Anda yang dapat diidentifikasi yang diperoleh. Dengan membaca Kebijakan Privasi ini, diharapkan Anda merasa tenang dan yakin bahwa keamanan Data Pribadi dan privasi Anda adalah prioritas utama bagi kami.
Kebijakan Privasi ini disertakan sebagai bagian dari Ketentuan Penggunaan. Kebijakan Privasi ini mencakup hal-hal sebagai berikut:
Dalam Pemberitahuan Privasi ini, penggunaan istilah
Data Pribadi yang kami proses adalah Data Pribadi yang telah dan akan Pengguna berikan kepada kami, yang meliputi pula Data Pribadi sebagaimana tertulis pada bagian Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi di Pemberitahuan Privasi ini untuk menyediakan produk dan/atau layanan jasa Perbankan yang Pengguna minta, termasuk untuk pemenuhan perjanjian atau kewajiban hukum kami terhadap peraturan perundang-undangan, saat Pengguna mengunjungi, mengakses, dan/atau menggunakan produk dan/atau layanan Bank, termasuk situs web/aplikasi/sistem elektronik/Layanan Perbankan Digital kami sehubungan dengan penggunaan produk dan/atau layanan Bank (“Layanan”).
Penggunaan Anda atas aplikasi dan layanan kami tunduk pada Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi ini dan mengindikasikan persetujuan Anda terhadap Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi tersebut.
Agar dapat mendukung kami dalam memberikan layanan yang optimal bagi Pengguna, kami akan mengumpulkan Data Pribadi Pengguna dari berbagai sumber, termasuk sebagai berikut:
Bank menggunakan surel, nama, nomor telepon, informas LINE Messenger ID pada salah satu Aplikasi perbankan digital Bank dan sandi akun anda untuk memverifikasi kepemilikan anda atas suatu akun untuk memberikan anda informasi mengenai Aplikasi. Bank juga dapat menggunakan nama, surel, dan nomor telepon anda untuk mengirimkan pesan, pembaharuan yang bersifat umum atas Aplikasi. Bank juga akan mengirimkan surel kepada anda yang meminta anda untuk berlangganan Daftar Surat Menyurat (Mailing List) kami. Anda dapat setiap saat memilih untuk tidak menerima informasi mengenai pembaharuan ini.
Bank menggunakan informasi seperti nama bank dimana rekening anda dibuat, nama dimana rekening tersebut disimpan dan jumlah yang ditransfer untuk pembayaran yang anda lakukan. Anda dengan ini setuju bahwa data anda akan digunakan oleh pemrosesan data internal Bank untuk memberikan Layanan yang lebih baik kepada anda.
Bank menggunakan informasi seperti nama bank dimana rekening anda dibuat, nama dimana rekening tersebut disimpan dan jumlah yang ditransfer untuk pembayaran yang anda lakukan. Anda dengan ini setuju bahwa data anda akan digunakan oleh pemrosesan data internal Bank untuk memberikan Layanan yang lebih baik kepada anda.
Pemrosesan Data Pribadi Pengguna oleh Bank dilaksanakan termasuk untuk tujuan berikut:
Anda sebagai pemilik data memiliki hak secara undang-udangan untuk:
Jika Anda ingin menggunakan haknya, atau ingin memperoleh penjelasan tentang hak-hak Pengguna, mohon dapat menghubungi kami pada salah satu saluran yang tertera pada bagian Hubungi Kami.
Data yang kami peroleh langsung dari Anda melalui pengisian di situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital. Data yang dikumpulkan ketika Anda menggunakan situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital yang mungkin Bank gunakan untuk mengidentifikasi Anda dan mengesahkan pengguna dengan tujuan pencegahan kehilangan dan penipuan.
Lebih dari itu, Bank akan menggunakan Data yang Anda berikan untuk urusan administrasi Akun Anda dengan Bank untuk keperluan verifikasi dan mengelola transaksi yang berhubungan dengan situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital, melakukan riset mengenai data demografis pengguna situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital, mengembangkan situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital, mengirimkan Anda informasi yang Bank anggap berguna untuk Anda termasuk informasi tentang layanan dari Bank setelah Anda memberikan persetujuan kepada Bank bahwa Anda tidak keberatan dihubungi mengenai layanan Bank.
Bank dapat menggunakan informasi pribadi Anda, termasuk tanggal lahir untuk memverifikasi identitas, membantu pengguna, menentukan Layanan yang tepat untuk Anda dan bermanfaat kepada Anda serta untuk memahami bagian yang paling menarik dari situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital. Data gabungan akan dianggap sebagai informasi non-pribadi untuk tujuan kebijakan privasi ini. Bila Anda mendaftar sebagai pengguna situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital, Bank juga akan menggunakan informasi pribadi Anda untuk mengirimkan kepada Anda pemasaran layanan dari waktu ke waktu.
Transaksi yang Anda lakukan melalui situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital diproses oleh Bank. Anda harus memberikan Data yang akurat dan tidak menyesatkan kepada Bank. Anda harus memperbaharui dan memberitahukan kepada Bank apabila ada perubahan Data yang terkait dengan Anda. Rincian transaksi Anda akan Bank simpan untuk alasan keamanan Bank. Anda dapat mengakses informasi tersebut dengan cara melakukan masuk ke Akun Anda melalui aplikasi situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital.
Anda dapat melihat rincian transaksi yang pernah Anda lakukan, informasi dana dan langganan dari layanan pemasaran yang situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital lakukan. Anda tidak akan membiarkan pihak ketiga untuk dapat mengakses Data pribadi Anda. Bank tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan password dan/atau PIN. Anda wajib memberitahukan kepada Bank apabila Anda yakin bahwa password dan/atau PIN Anda disalahgunakan oleh pihak lain.
Bank dapat mempekerjakan perusahaan-perusahaan dan orang perorangan pihak ketiga untuk memfasilitasi atau memberikan Aplikasi dan layanan-layanan tertentu atas nama Bank, untuk memberikan bantuan konsumen, memberikan informasi, untuk melaksanakan layanan-layanan terkait dengan situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital (misalnya tanpa pembatasan, layanan pemeliharaan, pengelolaan database, analisis web dan penyempurnaan fitur-fitur Situs web/aplikasi) atau untuk membantu Bank dalam menganalisa bagaimana Layanan Bank digunakan atau untuk penasihat profesional dan auditor eksternal Bank, termasuk penasihat hukum, penasihat keuangan, dan konsultan-konsultan. Para pihak ketiga ini hanya memiliki akses atas informasi pribadi anda untuk melakukan tugas-tugas tersebut atas nama Bank dan secara kontraktual terikat untuk tidak mengungkapkan atau menggunakan informasi pribadi tersebut untuk tujuan lain apapun.
Bank tidak membagikan Informasi Pribadi anda kepada pihak manapun selain kepada Penyedia Layanan terkait dan perusahaan dan individu pihak ketiga yang disebutkan di bagian di atas, tanpa persetujuan dari anda. Namun demikian, Bank akan mengungkapkan Informasi Pribadi anda sepanjang dimintakan secara hukum, atau diperlukan untuk tunduk pada ketentuan perundang-undangan, peraturan-peraturan dan pemerintah, atau dalam hal terjadi sengketa, atau segala bentuk proses hukum antara anda dan Bank, atau antara anda dan pengguna lain sehubungan dengan, atau terkait dengan Layanan, atau dalam keadaan darurat yang berkaitan dengan kesehatan dan/atau keselamatan anda.
Informasi Pribadi anda dapat dialihkan, disimpan, digunakan, dan diproses di suatu yurisdiksi selain Indonesia dimana server-server Bank berada. Untuk tujuan Pemrosesan Data Pribadi, kami dapat memproses Data Pribadi Pengguna di luar Indonesia. Dalam pelaksanaan transfer Data Pribadi Pengguna ke luar Indonesia, kami akan memastikan bahwa negara tujuan transfer memiliki tingkat pelindungan Data Pribadi yang setara atau lebih tinggi dibandingkan pelindungan Data Pribadi di Indonesia. Dalam hal negara tujuan transfer tidak memiliki tingkat pelindungan Data Pribadi yang setara atau lebih tinggi, maka kami akan menjalakan pelindungan Data Pribadi yang memadai dan bersifat mengikat (seperti mengadakan kontrak dengan penerima transfer Data Pribadi Pengguna dan/atau ketentuan dan/atau instrumen tertulis), atau dalam hal masih tidak terpenuhi, Bank dapat tetap melakukan transfer Data Pribadi ke luar Indonesia berdasarkan persetujuan dari Pengguna.
Bank tidak menjual atau menyewakan Informasi Pribadi anda kepada pihak ketiga. Bank akan menahan informasi anda hingga anda menghapus akun anda pada Aplikasi.
Bank memastikan bahwa informasi dan/atau Data yang dikumpulkan akan disimpan dengan aman. Bank menyimpan informasi dan/atau Data pribadi Anda selama diperlukan untuk memenuhi tujuan yang dijelaskan dalam kebijakan privasi ini.
Bank tidak menjamin bahwa data yang anda berikan tidak akan ditahan/terganggu ketika sedang dikirimkan kepada Bank. Setiap pengiriman informasi oleh anda kepada Bank merupakan risiko anda sendiri. Anda tidak boleh mengungkapkan sandi anda kepada siapapun. Bagaimanapun efektifnya suatu teknologi, tidak ada sistem keamanan yang tidak dapat ditembus.
Untuk mengakses layanan perbankan digital Bank Anda dapat menggunakan beberapa metode:
Nasabah perlu memasukkan User ID dan Password.
Nasabah dapat mendaftarkan login menggunakan pola setelah berhasil melakukan login menggunakan User ID dan Password, kemudian melakukan pengaturan pola sesuai petunjuk yang tertera pada aplikasi. Adapun ketentuan penggunaan pola sebagai berikut:
Nasabah dapat mendaftarkan login menggunakan sidik jari, yang hanya akan berjalan pada perangkat yang memiliki fitur login menggunakan sidik jari. Adapun ketentuan penggunaan sidik jari sebagai berikut:
Nasabah dapat mendaftarkan login menggunakan wajah, yang hanya akan berjalan pada perangkat yang memiliki fitur login menggunakan wajah (Face Login / ID). Adapun ketentuan penggunaan login wajah sebagai berikut:
Pada layanan login menggunakan biometric terdapat beberapa kebijakan sebagai berikut:
Bank tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang dialami nasabah sehubungan dengan login biometrik (baik secara sengaja atau tidak sengaja) atau menggunakan Aplikasi Bank, bahkan jika Bank telah memberitahukan kemungkinan kerugian yang dialami, termasuk timbulnya kerugian dari:
Dalam hal terjadi akses dan kegiatan ilegal atas kerahasiaan Data Pribadi Pengguna yang berada di luar kendali Bank, Bank akan segera memberitahukan kepada Pengguna pada kesempatan pertama sehingga Pengguna dapat mengurangi risiko yang timbul atas hal tersebut. Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan rincian informasi dan Data Pribadi Pengguna, termasuk informasi mengenai username, password, e-mail maupun OTP terhadap siapapun dan untuk selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan gawai yang Pengguna gunakan.
Bank memiliki hak untuk mengubah kebijakan privasi Bank sesuai dengan Syarat & Ketentuan dari waktu ke waktu. Jika Bank mengubah Kebijakan Privasi ini, Bank akan memberitahu anda melalui email atau dengan cara pemberitahuan di Situs web 30 hari kerja sebelum perubahan berlaku. Bank menghimbau anda untuk meninjau halaman ini secara berkala untuk mengetahui informasi terbaru tentang bagaimana ketentuan Kebijakan Privasi ini Bank berlakukan.
Kebijakan Privasi ini dibuat berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia dan harus diatur dan ditafsirkan menurut hukum Indonesia.Kebijakan Privasi ini dibuat dalam Bahasa Indonesia. Semua korespondensi selanjutnya yang berhubungan dengan Kebijakan Privasi ini dilakukan dalam Bahasa Indonesia.
Hukum yang mengatur dan yurisdiksi. Kebijakan Privasi ini diatur oleh dan untuk ditafsirkan dalam hukum Negara Republik Indonesia. Setiap dan seluruh sengketa yang timbul dari kebijakan privasi ini akan diatur oleh yurisdiksi eksklusif dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
Khusus untuk Aplikasi LINE Bank
Kebijakan Privasi ID LINE untuk LINE Bank oleh Hana Bank
Untuk mendukung perbankan digital yang disediakan oleh PT Bank KEB Hana Bank Indonesia yaitu "LINE Bank by Hana Bank" melalui online atau offline (selanjutnya disebut "Layanan"), LY Corporation ("LYC", "kami" atau "kita" ") telah mengadopsi Kebijakan Privasi LINE ID untuk LINE Bank oleh Hana Bank ini untuk menjelaskan penanganan kami atas informasi tambahan yang diperoleh, digunakan, atau dibagikan oleh Perusahaan kepada LYC (atau LY Corporation).
Kebijakan Privasi ID LINE untuk LINE Bank oleh Hana Bank merupakan ketentuan tambahan dari Kebijakan Privasi LINE, yang tetap berlaku dan berlaku sama terhadap item informasi tambahan yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini.
Kebijakan Privasi penggunaan informasi lokasi LINE Bank oleh Hana Bank
Anda setuju untuk memberikan informasi lokasi kepada LINE Bank oleh Hana Bank untuk menerima layanan, pengalaman, dan manfaat yang dipersonalisasi selama Anda menggunakan layanan LINE Bank. Segala bentuk informasi lokasi akan diproses dan ditangani sesuai dengan Kebijakan Privasi LINE Bank by Hana Bank.
Informasi yang Dibagikan oleh LINE kepada Hana Bank
Anda setuju bahwa Untuk memberikan fasilitas Layanan, dan mendukung pelanggan sehubungan dengan Layanan kami untuk mencegah penggunaan Layanan kami tanpa izin, LY Corporation dapat memberikan informasi pribadi yang telah dikumpulkan oleh LY Corporation kepada Hana Bank sejauh memberikan Layanan yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi LINE Bank oleh Hana Bank
Ketika Anda mengajukan permintaan untuk memperbaiki dan/atau memperbarui informasi pribadi Anda dalam sistem LY Corporation, LY Corporation mengumpulkan informasi pribadi tersebut untuk tujuan memperbarui catatan kami. Atas hal tersebut, LY Corporation juga akan secara otomatis membagikan informasi pribadi tersebut dengan Hana Bank untuk tujuan memperbarui sistem pencatatan Hana Bank, untuk tujuan menyediakan Layanan dan memastikan pengalaman pengguna yang lancar.
Informasi pribadi yang dibagikan oleh Hana Bank kepada LYC (atau LY Corporation) akan diproses dan ditangani sesuai dengan Kebijakan Privasi LINE Bank by Hana Bank.
Informasi yang Dibagikan oleh Hana Bank kepada LINE
Silakan mengacu pada Kebijakan Privasi LINE Bank by Hana Bank untuk rincian informasi yang dibagikan oleh Hana Bank kepada LYC (atau LY Corporation) untuk semua data yang dibagikan untuk dan/atau kepada pihak lain berdasarkan persetujuan individu Pelanggan.
Dengan menggunakan Aplikasi, anda mengakui bahwa anda telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini dan Ketentuan Penggunaan dan setuju dan sepakat terhadap penggunaan, praktek, pemrosesan dan pengalihan informasi pribadi anda oleh Bank sebagaimana dinyatakan di dalam Kebijakan Privasi ini.
Anda juga menyatakan bahwa anda memiliki hak untuk membagikan seluruh informasi yang telah anda berikan kepada Bank dan untuk memberikan hak kepada Bank untuk menggunakan dan membagikan informasi tersebut kepada Penyedia Layanan.
Bank memiliki kebijakan untuk memilih masuk/keluar dari database. Jika Anda ingin berhenti menerima email dari Bank, silahkan klik link unsubscribe yang disertakan pada masing-masing e-mail.
Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang privasi dan keamanan informasi Anda dan ingin memperbarui atau menghapus data Anda maka silakan hubungi kami di telepon 1500021 atau kunjungi cabang BNI terdekat.