Kebijakan Privasi Hana Bank

Mohon Anda membaca Kebijakan Privasi ini dengan seksama untuk memastikan bahwa Anda memahami bagaimana ketentuan Kebijakan Privasi ini diberlakukan. Kebijakan Privasi berikut ini menjelaskan bagaimana kami mengumpulkan, menggunakan, memindahkan, mengungkapkan dan melindungi informasi pribadi Anda yang dapat diidentifikasi yang diperoleh. Dengan membaca Kebijakan Privasi ini, diharapkan Anda merasa tenang dan yakin bahwa keamanan Data Pribadi dan privasi Anda adalah prioritas utama bagi kami.

Kebijakan Privasi ini disertakan sebagai bagian dari Ketentuan Penggunaan. Kebijakan Privasi ini mencakup hal-hal sebagai berikut:

  1. Definisi
  2. Informasi yang kami kumpulkan
  3. Informasi yang Anda berikan secara langsung
  4. Penggunaan informasi yang kami kumpulkan
  5. Pemberian informasi yang kami kumpulkan
  6. Keamanan
  7. Perubahan atas Kebijakan Privasi ini
  8. Lain-lain
  9. Pengakuan dan persetujuan
  10. Berhenti menerima e-mail
  11. Hubungi kami

Dalam Pemberitahuan Privasi ini, penggunaan istilah

  1. “Kami” atau “Bank” merujuk pada PT Bank KEB Hana Indonesia, suatu Badan Usaha yang didirikan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia dan bergerak pada bidang perbankan (“Hana Bank”);
  2. “Anda” merujuk pada masing-masing orang perseorangan pemilik Data Pribadi (subjek data) yang telah dan/atau akan menggunakan produk dan/atau layanan kami, pengunjung dan pengguna situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital kami, serta pihak ketiga manapun di mana Pemberitahuan Privasi ini berlaku;
  3. “Peraturan yang Berlaku” merujuk pada Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi dan peraturan yang relevan lainnya yang berlaku, termasuk perubahannya dari waktu ke waktu;
  4. “Pemrosesan” merujuk pada tindakan memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpan, memperbaiki, melakukan pembaruan, menampilkan, mengumumkan, mentransfer, menyebarluaskan, mengungkapkan, menghapus dan/atau memusnahkan Data Pribadi Pengguna.

Data Pribadi yang kami proses adalah Data Pribadi yang telah dan akan Pengguna berikan kepada kami, yang meliputi pula Data Pribadi sebagaimana tertulis pada bagian Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi di Pemberitahuan Privasi ini untuk menyediakan produk dan/atau layanan jasa Perbankan yang Pengguna minta, termasuk untuk pemenuhan perjanjian atau kewajiban hukum kami terhadap peraturan perundang-undangan, saat Pengguna mengunjungi, mengakses, dan/atau menggunakan produk dan/atau layanan Bank, termasuk situs web/aplikasi/sistem elektronik/Layanan Perbankan Digital kami sehubungan dengan penggunaan produk dan/atau layanan Bank (“Layanan”).

Penggunaan Anda atas aplikasi dan layanan kami tunduk pada Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi ini dan mengindikasikan persetujuan Anda terhadap Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi tersebut.

  1. Definisi
    1. Bank adalah PT Bank KEB Hana Indonesia (Hana Bank), suatu perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.
    2. Data Pribadi adalah data tentang orang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau nonelektronik.
    3. Data identifikasi profil pribadi, yang dapat berupa nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan, Nomor Pokok Wajib Pajak, dokumen keimigrasian, jenis kelamin, kewarganegaraan, tempat dan tanggal lahir, nama gadis ibu kandung, nama alias/panggilan, agama, rekaman suara, rekaman gambar, foto, bentuk tanda tangan (basah dan/atau elektronik), dan/atau data biometric.
    4. Data keuangan, yang dapat berupa nomor rekening, sumber penghasilan, jumlah penghasilan bulanan/tahunan, jumlah pengeluaran bulanan/tahunan, data transaksi, data kredit/pembiayaan, data terkait investasi, data terkait aset, data terkait agunan, dan data perpajakan serta data layanan dari jasa keuangan lain yang Pengguna terima.
    5. Data korespondensi, yang dapat berupa alamat sesuai Kartu Tanda Penduduk, alamat dan status domisili, alamat surat elektronik (e-mail), nomor telepon/telepon genggam, dan kontak darurat yang mencakup nama, jenis hubungan dengan Pengguna, alamat, nomor telepon/telepon genggam, dan e-mail.
    6. Data aktivitas digital, yang dapat berupa geolokasi, alamat IP/MAC Address, aktivitas Pengguna di aplikasi Bank, dan interaksi aplikasi Bank dengan aplikasi lain di perangkat elektronik Pengguna.
    7. Informasi Pribadi adalah informasi mengenai Anda yang secara pribadi dapat diidentifikasi yang dikumpulkan melalui Aplikasi, seperti nama, alamat, tanggal lahir, nomor telepon, alamat surat elektronik (e-mail) Anda dan/atau sejenisnya.
    8. Layanan Perbankan Digital adalah aplikasi perbankan digital yang telah mendapat izin dari OJK dan BI serta terdaftar sebagai Sistem Elektronik di Kementerian Teknologi Informasi. Sebuah aplikasi perangkat lunak di mana semua instruksi yang Anda lakukan akan berasal dari aplikasi seluler atau online.
    9. Situs web adalah situs web kami di www.kebhana.co.id dan www.linebank.co.id.
    10. Subjek Data Pribadi adalah orang perseorangan yang pada dirinya melekat Data Pribadi.
  2. Informasi yang Kami Kumpulkan
    1. Kami menghormati hal-hal yang berkenaan dengan perlindungan data dan privasi Anda.Oleh karena itu, kami hanya akan menggunakan data Anda yang terkait dengan Anda sesuai dengan kebijakan privasi ini.
    2. Kami hanya mengumpulkan Data yang penting bagi Bank dan Bank hanya akan mengumpulkan Data yang dibutuhkan untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan Anda. Bank hanya akan menyimpan Data Anda selama dibutuhkan untuk memenuhi kewajiban hukum atau selama Data tersebut berhubungan dengan tujuan-tujuan yang ada ada saat Data dikumpulkan. Kebijakan privasi Bank mengikuti kebijakan perundang-undangan yang berlaku untuk menjaga kerahasiaan data kecuali Bank diwajibkan oleh hukum yang berlaku untuk membuka data kepada pihak ketiga yang memiliki kewenangan seperti pemerintah atau lembaga pemerintah lainnya, hanya jika ada perintah yang sah.
    3. Agar dapat mendukung kami dalam memberikan layanan yang optimal bagi Pengguna, kami akan mengumpulkan Data Pribadi Pengguna dari berbagai sumber, termasuk sebagai berikut:

      1. Dari Pengguna secara langsung.
      2. Informasi tentang Pengguna yang dihasilkan ketika Pengguna mengajukan satu layanan, menggunakan layanan kami, atau pernah memiliki layanan sebelumnya.
      3. Data Pribadi dari pihak terkait Bank dan/atau pihak ketiga lainnya yang merupakan mitra Bank atau mengadakan kerja sama dengan Bank.
      4. Cookie, layanan lokasi, alamat IP Pengguna ketika Pengguna mengunjungi situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital kami, atau ketika Pengguna mengisi formulir kontak kami di dalam situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital kami, atau data yang diizinkan oleh Pengguna untuk diakses melalui gawai Pengguna.
      5. Dari korespondensi antara Pengguna dan Bank melalui e-mail, kiriman surat fisik, atau sarana korespondensi/media komunikasi resmi Bank.
      6. Dari data survei yang diberitahukan kepada Bank; dan/atau
      7. Aktivitas lainnya yang dilakukan oleh Bank yang menimbulkan terdapat penyerahan data pribadi kepada Bank.
    4. Kami mengumpulkan Informasi Pribadi tertentu dari Anda agar kami dapat menemukan Layanan yang dibutuhkan dari Penyedia Layanan. Anda akan langsung memberikan Informasi Pribadi (sebagai contoh, saat Anda mendaftar) dan beberapa informasi akan secara otomatis dikumpulkan ketika Anda menggunakan situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital.
    5. Ketika Anda mengunjungi situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital, administrator situs situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital kami akan memproses data teknis seperti alamat IP Anda, halaman web yang pernah Anda kunjungi, browser internet yang Anda gunakan, halaman web yang sebelumnya/selanjutnya Anda kunjungi dan durasi setiap kunjungan/sesi yang memungkinkan Bank untuk mengirimkan fungsi-fungsi situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital. Dengan data teknis ini administrator-administrator situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital Bank dapat mengelolanya, misalnya dengan menyelesaikan kesulitan-kesulitan teknis atau memperbaiki kemampuan untuk dapat diaksesnya bagian-bagian tertentu dari situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital. Dengan cara ini, Bank dapat memastikan bahwa Anda dapat (terus) menemukan informasi pada Situs web dengan cara yang cepat dan sederhana.
    6. Anda akan diminta untuk melakukan otorisasi instruksi dengan menggunakan berbagai jenis informasi keamanan yang berbeda (misalnya Security Code, nama pengguna, password) jika dibutuhkan.
    7. Setelah melakukan otorisasi pada situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital akan melaksanakan instruksi sesuai perintah Anda, Anda diwajibkan untuk memastikan tidak memberitahukan informasi keamanan Anda kepada pihak lain.
    8. Kami memastikan kerahasiaan dan keamanan informasi diri yang Anda berikan terjaga dengan baik. Penggunaan data Anda akan kami lakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    9. Anda dapat menanyakan atau memberi masukkan kepada kami melalui Call Hana (1500021).
  3. Informasi yang Anda Berikan Secara Langsung
    1. Pada saat mendaftar pada situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital, anda akan memberikan kepada Bank alamat surat elektronik/surel (email), nama, nomor telepon, sandi akun, LINE Messenger User ID anda atau informasi pribadi lainnya.
    2. Jenis Data Pribadi Anda yang dapat diproses meliputi Data identifikasi profil pribadi, Data korespondensi, Data Keuangan, Data Aktivitas digital dan data terkait pribadi lainnya.
    3. Ketika anda menggunakan situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital, Bank juga akan memproses data teknis anda seperti alamat IP, Identitas (ID) Perangkat atau alamat MAC, dan informasi mengenai pabrikan, model, dan sistem operasi dari perangkat bergerak/mobile device anda. Bank menggunakan data ini untuk memungkinkan Bank untuk mengirimkan fungsi-fungsi dari situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital, menyelesaikan kesulitan-kesulitan teknis, menyediakan bagi anda versi Aplikasi yang benar dan terkini dan untuk meningkatkan fungsi Aplikasi.
  4. Penggunaan Informasi yang Kami Kumpulkan

    Bank menggunakan surel, nama, nomor telepon, informas LINE Messenger ID pada salah satu Aplikasi perbankan digital Bank dan sandi akun anda untuk memverifikasi kepemilikan anda atas suatu akun untuk memberikan anda informasi mengenai Aplikasi. Bank juga dapat menggunakan nama, surel, dan nomor telepon anda untuk mengirimkan pesan, pembaharuan yang bersifat umum atas Aplikasi. Bank juga akan mengirimkan surel kepada anda yang meminta anda untuk berlangganan Daftar Surat Menyurat (Mailing List) kami. Anda dapat setiap saat memilih untuk tidak menerima informasi mengenai pembaharuan ini.

    Bank menggunakan informasi seperti nama bank dimana rekening anda dibuat, nama dimana rekening tersebut disimpan dan jumlah yang ditransfer untuk pembayaran yang anda lakukan. Anda dengan ini setuju bahwa data anda akan digunakan oleh pemrosesan data internal Bank untuk memberikan Layanan yang lebih baik kepada anda.

    Bank menggunakan informasi seperti nama bank dimana rekening anda dibuat, nama dimana rekening tersebut disimpan dan jumlah yang ditransfer untuk pembayaran yang anda lakukan. Anda dengan ini setuju bahwa data anda akan digunakan oleh pemrosesan data internal Bank untuk memberikan Layanan yang lebih baik kepada anda.

    Pemrosesan Data Pribadi Pengguna oleh Bank dilaksanakan termasuk untuk tujuan berikut:

    1. Untuk tujuan pemasaran yaitu menawarkan produk atau jasa, termasuk penawaran khusus, promosi, kontes atau informasi yang mungkin menarik bagi Pengguna. Pesan pemasaran tersebut dapat dikirim kepada Pengguna oleh Bank dan/atau Mitra Usaha dalam berbagai cara termasuk melalui surat fisik, surat elektronik, layanan pesan singkat, telepon, faksimili, sarana korespondensi dan media penyampaian informasi resmi Bank lainnya sesuai dan tunduk kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    2. Untuk menyediakan, merancang dan/atau mengembangkan layanan, fasilitas Perbankan, produk atau jasa, termasuk membantu Bank dalam menganalisis bagaimana layanan Bank digunakan, membalas pertanyaan, atau memberi tahu Pengguna apabila ada suatu perubahan terhadap layanan.
    3. Untuk kegiatan pemrofilan (profiling) maupun scoring guna pengambilan keputusan secara otomatis terhadap Pengguna untuk peningkatan layanan bagi Pengguna maupun manajemen risiko Bank.
    4. Untuk keperluan pelaksanaan operasi bisnis Bank yang melibatkan konsultasi dengan penasihat profesional atau auditor eksternal Bank, termasuk penasihat hukum, penasihat keuangan, dan konsultan-konsultan, Perusahaan Grup Usaha, dan setiap pihak yang terikat dengan kewajiban menjaga kerahasiaan dengan Bank. Sehubungan dengan ini, Bank akan menggunakan upaya terbaik untuk memastikan pihak-pihak sebagaimana disebutkan untuk memperhatikan Pemberitahuan Privasi ini.
    5. Untuk memenuhi persyaratan prinsip mengenal Nasabah, upaya mitigasi risiko Bank, maupun pelaksanaan verifikasi/otentikasi kebenaran data Pengguna, sebagaimana disyaratkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    6. Untuk mematuhi peraturan atau persyaratan hukum, termasuk untuk pelaksanaan administrasi kegiatan usaha Bank, pelaporan kepada pihak regulator, atau pemeriksaan oleh pihak yang berwenang, yang dilaksanakan sesuai hukum yang berlaku di Indonesia.
    7. Untuk melakukan penelitian dan analisa statistik termasuk penggunaan teknologi baru.
    8. Untuk keperluan lainnya sesuai dengan kebijakan dan ketentuan internal Bank, atau sesuai syarat dan ketentuan yang mengatur hubungan antara Bank dengan Pengguna, yang dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku

    Anda sebagai pemilik data memiliki hak secara undang-udangan untuk:

    1. Mendapatkan akses dan meminta salinan Data Pribadi Pengguna, termasuk mendapatkan dan/atau menggunakan Data Pribadi Pengguna dalam bentuk yang sesuai dengan struktur dan/atau format yang lazim digunakan atau dapat dibaca oleh sistem elektronik, dimana kami berhak membebankan biaya yang wajar untuk memenuhi permintaan ini.
    2. Meminta kepada Bank untuk memperbaiki data yang salah, melengkapi Data Pribadi yang tidak lengkap, pembaruan Data Pribadi. Namun, kami tidak dapat mengakomodir permintaan untuk mengubah Data Pribadi jika kami meyakini bahwa perubahan tersebut akan melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan atau persyaratan hukum apa pun atau menyebabkan informasi menjadi tidak benar.
    3. Menyampaikan keluhan kepada otoritas pelindungan data atau regulator independen lain tentang bagaimana kami menggunakan Data Pribadi Pengguna serta meminta hak untuk mendapatkan kompensasi serta kewajiban yang harus dipenuhi oleh Pengendali Data Pribadi atas pelanggaran Pemrosesan Data Pribadi.
    4. Meminta Bank untuk mengakhiri pemrosesan, menghapus, mengkinikan dan/atau memusnahkan Data Pribadi Pengguna apabila Data Pribadi Pengguna tidak lagi diperlukan untuk tujuan yang ditetapkan dalam Bagian Penggunaan Data Pribadi atau jika tidak ada dasar hukum lain untuk Pemrosesan Data Pribadi atau hal ini tidak dibatasi oleh ketentuan termasuk ketentuan Pelaporan perbankan.

    Jika Anda ingin menggunakan haknya, atau ingin memperoleh penjelasan tentang hak-hak Pengguna, mohon dapat menghubungi kami pada salah satu saluran yang tertera pada bagian Hubungi Kami.

    Data yang kami peroleh langsung dari Anda melalui pengisian di situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital. Data yang dikumpulkan ketika Anda menggunakan situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital yang mungkin Bank gunakan untuk mengidentifikasi Anda dan mengesahkan pengguna dengan tujuan pencegahan kehilangan dan penipuan.

    Lebih dari itu, Bank akan menggunakan Data yang Anda berikan untuk urusan administrasi Akun Anda dengan Bank untuk keperluan verifikasi dan mengelola transaksi yang berhubungan dengan situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital, melakukan riset mengenai data demografis pengguna situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital, mengembangkan situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital, mengirimkan Anda informasi yang Bank anggap berguna untuk Anda termasuk informasi tentang layanan dari Bank setelah Anda memberikan persetujuan kepada Bank bahwa Anda tidak keberatan dihubungi mengenai layanan Bank.

    Bank dapat menggunakan informasi pribadi Anda, termasuk tanggal lahir untuk memverifikasi identitas, membantu pengguna, menentukan Layanan yang tepat untuk Anda dan bermanfaat kepada Anda serta untuk memahami bagian yang paling menarik dari situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital. Data gabungan akan dianggap sebagai informasi non-pribadi untuk tujuan kebijakan privasi ini. Bila Anda mendaftar sebagai pengguna situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital, Bank juga akan menggunakan informasi pribadi Anda untuk mengirimkan kepada Anda pemasaran layanan dari waktu ke waktu.

    Transaksi yang Anda lakukan melalui situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital diproses oleh Bank. Anda harus memberikan Data yang akurat dan tidak menyesatkan kepada Bank. Anda harus memperbaharui dan memberitahukan kepada Bank apabila ada perubahan Data yang terkait dengan Anda. Rincian transaksi Anda akan Bank simpan untuk alasan keamanan Bank. Anda dapat mengakses informasi tersebut dengan cara melakukan masuk ke Akun Anda melalui aplikasi situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital.

    Anda dapat melihat rincian transaksi yang pernah Anda lakukan, informasi dana dan langganan dari layanan pemasaran yang situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital lakukan. Anda tidak akan membiarkan pihak ketiga untuk dapat mengakses Data pribadi Anda. Bank tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan password dan/atau PIN. Anda wajib memberitahukan kepada Bank apabila Anda yakin bahwa password dan/atau PIN Anda disalahgunakan oleh pihak lain.

  5. Pemberian Informasi yang Kami Kumpulkan

    Bank dapat mempekerjakan perusahaan-perusahaan dan orang perorangan pihak ketiga untuk memfasilitasi atau memberikan Aplikasi dan layanan-layanan tertentu atas nama Bank, untuk memberikan bantuan konsumen, memberikan informasi, untuk melaksanakan layanan-layanan terkait dengan situs web/aplikasi/sistem elektronik/layanan perbankan digital (misalnya tanpa pembatasan, layanan pemeliharaan, pengelolaan database, analisis web dan penyempurnaan fitur-fitur Situs web/aplikasi) atau untuk membantu Bank dalam menganalisa bagaimana Layanan Bank digunakan atau untuk penasihat profesional dan auditor eksternal Bank, termasuk penasihat hukum, penasihat keuangan, dan konsultan-konsultan. Para pihak ketiga ini hanya memiliki akses atas informasi pribadi anda untuk melakukan tugas-tugas tersebut atas nama Bank dan secara kontraktual terikat untuk tidak mengungkapkan atau menggunakan informasi pribadi tersebut untuk tujuan lain apapun.

    Bank tidak membagikan Informasi Pribadi anda kepada pihak manapun selain kepada Penyedia Layanan terkait dan perusahaan dan individu pihak ketiga yang disebutkan di bagian di atas, tanpa persetujuan dari anda. Namun demikian, Bank akan mengungkapkan Informasi Pribadi anda sepanjang dimintakan secara hukum, atau diperlukan untuk tunduk pada ketentuan perundang-undangan, peraturan-peraturan dan pemerintah, atau dalam hal terjadi sengketa, atau segala bentuk proses hukum antara anda dan Bank, atau antara anda dan pengguna lain sehubungan dengan, atau terkait dengan Layanan, atau dalam keadaan darurat yang berkaitan dengan kesehatan dan/atau keselamatan anda.

    Informasi Pribadi anda dapat dialihkan, disimpan, digunakan, dan diproses di suatu yurisdiksi selain Indonesia dimana server-server Bank berada. Untuk tujuan Pemrosesan Data Pribadi, kami dapat memproses Data Pribadi Pengguna di luar Indonesia. Dalam pelaksanaan transfer Data Pribadi Pengguna ke luar Indonesia, kami akan memastikan bahwa negara tujuan transfer memiliki tingkat pelindungan Data Pribadi yang setara atau lebih tinggi dibandingkan pelindungan Data Pribadi di Indonesia. Dalam hal negara tujuan transfer tidak memiliki tingkat pelindungan Data Pribadi yang setara atau lebih tinggi, maka kami akan menjalakan pelindungan Data Pribadi yang memadai dan bersifat mengikat (seperti mengadakan kontrak dengan penerima transfer Data Pribadi Pengguna dan/atau ketentuan dan/atau instrumen tertulis), atau dalam hal masih tidak terpenuhi, Bank dapat tetap melakukan transfer Data Pribadi ke luar Indonesia berdasarkan persetujuan dari Pengguna.

    Bank tidak menjual atau menyewakan Informasi Pribadi anda kepada pihak ketiga. Bank akan menahan informasi anda hingga anda menghapus akun anda pada Aplikasi.

  6. Keamanan

    Bank memastikan bahwa informasi dan/atau Data yang dikumpulkan akan disimpan dengan aman. Bank menyimpan informasi dan/atau Data pribadi Anda selama diperlukan untuk memenuhi tujuan yang dijelaskan dalam kebijakan privasi ini.

    Bank tidak menjamin bahwa data yang anda berikan tidak akan ditahan/terganggu ketika sedang dikirimkan kepada Bank. Setiap pengiriman informasi oleh anda kepada Bank merupakan risiko anda sendiri. Anda tidak boleh mengungkapkan sandi anda kepada siapapun. Bagaimanapun efektifnya suatu teknologi, tidak ada sistem keamanan yang tidak dapat ditembus.

    Untuk mengakses layanan perbankan digital Bank Anda dapat menggunakan beberapa metode:

    1. Menggunakan Password

      Nasabah perlu memasukkan User ID dan Password.

    2. Menggunakan Pola

      Nasabah dapat mendaftarkan login menggunakan pola setelah berhasil melakukan login menggunakan User ID dan Password, kemudian melakukan pengaturan pola sesuai petunjuk yang tertera pada aplikasi. Adapun ketentuan penggunaan pola sebagai berikut:

      1. Nasabah memilih menu admin, lalu pilih pola
      2. Gambar pola dengan menghubungkan minimal 5 titik lalu ikuti petunjuk dari perangkat
      3. Masukkan PIN transaksi untuk mengkonfirmasi pendaftaran pola.
    3. Menggunakan Sidik Jari (Biometrik)

      Nasabah dapat mendaftarkan login menggunakan sidik jari, yang hanya akan berjalan pada perangkat yang memiliki fitur login menggunakan sidik jari. Adapun ketentuan penggunaan sidik jari sebagai berikut:

      1. Nasabah dapat mendaftarkan sidik jari pada aplikasi MyHana yang sudah terdaftar pada satu perangkat yang telah terinstall;
      2. Setiap aktivitas pendaftaran atau penghapusan data sidik jari, nasabah perlu melakukan login terlebih dahulu pada aplikasi, kemudian pilih menu admin dan pilih biometrik kemudian melakukan konfirmasi dengan menyetujui pernyataan dan memasukkan PIN transaksi.
    4. Menggunakan Login Wajah (Biometrik)

      Nasabah dapat mendaftarkan login menggunakan wajah, yang hanya akan berjalan pada perangkat yang memiliki fitur login menggunakan wajah (Face Login / ID). Adapun ketentuan penggunaan login wajah sebagai berikut:

      1. Nasabah dapat mendaftarkan data wajah di aplikasi yang sudah terdaftar pada perangkat dengan ketentuan wajah terlihat jelas, tanpa penutup muka dan pencahayaan yang jelas;
      2. Setiap aktivitas pendaftaran atau penghapusan data wajah, nasabah perlu melakukan login terlebih dahulu pada aplikasi, kemudian pilih menu admin dan pilih biometrik kemudian melakukan konfirmasi dengan menyetujui pernyataan (saat registrasi) dan memasukkan PIN transaksi.

    Pada layanan login menggunakan biometric terdapat beberapa kebijakan sebagai berikut:

    1. Data sidik jari dan login wajah akan hilang dan nasabah perlu mendaftarkan ulang bila nasabah melakukan login dan memasukkan data-data pengguna lain pada perangkat yang digunakan.
    2. Bank tidak bertanggung jawab atas adanya penyalahgunaan dari pihak lain yang biometrik nya turut terdaftar dalam ponsel pintar milik nasabah.
    3. Bank tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang dialami nasabah sehubungan dengan login biometrik (baik secara sengaja atau tidak sengaja) atau menggunakan Aplikasi Bank, bahkan jika Bank telah memberitahukan kemungkinan kerugian yang dialami, termasuk timbulnya kerugian dari:

      1. Pelanggaran ketentuan Bank terkait proses login menggunakan biometrik Aplikasi.
      2. Terjadinya suatu proses akses yang tidak terotorisasi dan/atau penggunaan dari perangkat elektronik secara tidak sah.
      3. Penggunaan dalam segala bentuk oleh pihak lain terhadap informasi atau data yang berhubungan dengan nasabah karena menggunakan login biometrik Aplikasi dan/atau diperoleh dari penggunaan nasabah ketika log in melalui biometrik.
      4. Akses ke Aplikasi dengan login biometrik oleh pihak lain selain Pengguna.
      5. Segala kejadian diluar pengendalian Bank atau karena penggunaan yang tidak wajar, dan/atau terjadinya pemutusan atau penghentian pada saat login biometrik atau Aplikasi.
    4. Nasabah bertanggung jawab atas akun yang digunakan pada Aplikasi dan tidak diperkenankan dipindahtangankan kepada pihak lain dengan cara apapun. Segala akibat yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan Akun menjadi tanggungjawab nasabah sepenuhnya.
    5. Pengguna bertanggung jawab untuk memperoleh dan menggunakan perangkat lunak dan/atau peralatan yang diperlukan, untuk dapat mengakses Aplikasi dengan risiko yang ditanggung nasabah.
    6. Nasabah juga bertanggung jawab atas kinerja dan keamanan (termasuk tanpa batasan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mencegah penggunaan atau akses yang tidak sah) dari setiap peralatan yang digunakan oleh nasabah untuk mengakses Aplikasi.
    7. Nasabah memberikan kuasa kepada Bank bahwa demi keamanan, Bank berhak memblokir akses nasabah ke dalam Aplikasi apabila terdapat kesalahan Password/PIN sebanyak 5 (lima) kali pada saat mengakses atau melakukan transaksi ataupun karena hal-hal lain yang menurut pertimbangan Bank patut diduga dapat menimbulkan kerugian bagi Nasabah.

    Dalam hal terjadi akses dan kegiatan ilegal atas kerahasiaan Data Pribadi Pengguna yang berada di luar kendali Bank, Bank akan segera memberitahukan kepada Pengguna pada kesempatan pertama sehingga Pengguna dapat mengurangi risiko yang timbul atas hal tersebut. Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan rincian informasi dan Data Pribadi Pengguna, termasuk informasi mengenai username, password, e-mail maupun OTP terhadap siapapun dan untuk selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan gawai yang Pengguna gunakan.

  7. Perubahan atas kebijakan privasi ini

    Bank memiliki hak untuk mengubah kebijakan privasi Bank sesuai dengan Syarat & Ketentuan dari waktu ke waktu. Jika Bank mengubah Kebijakan Privasi ini, Bank akan memberitahu anda melalui email atau dengan cara pemberitahuan di Situs web 30 hari kerja sebelum perubahan berlaku. Bank menghimbau anda untuk meninjau halaman ini secara berkala untuk mengetahui informasi terbaru tentang bagaimana ketentuan Kebijakan Privasi ini Bank berlakukan.

  8. Lain-lain

    Kebijakan Privasi ini dibuat berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia dan harus diatur dan ditafsirkan menurut hukum Indonesia.Kebijakan Privasi ini dibuat dalam Bahasa Indonesia. Semua korespondensi selanjutnya yang berhubungan dengan Kebijakan Privasi ini dilakukan dalam Bahasa Indonesia.

    Hukum yang mengatur dan yurisdiksi. Kebijakan Privasi ini diatur oleh dan untuk ditafsirkan dalam hukum Negara Republik Indonesia. Setiap dan seluruh sengketa yang timbul dari kebijakan privasi ini akan diatur oleh yurisdiksi eksklusif dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

    Khusus untuk Aplikasi LINE Bank

    Kebijakan Privasi ID LINE untuk LINE Bank oleh Hana Bank

    Untuk mendukung perbankan digital yang disediakan oleh PT Bank KEB Hana Bank Indonesia yaitu "LINE Bank by Hana Bank" melalui online atau offline (selanjutnya disebut "Layanan"), LY Corporation ("LYC", "kami" atau "kita" ") telah mengadopsi Kebijakan Privasi LINE ID untuk LINE Bank oleh Hana Bank ini untuk menjelaskan penanganan kami atas informasi tambahan yang diperoleh, digunakan, atau dibagikan oleh Perusahaan kepada LYC (atau LY Corporation).

    Kebijakan Privasi ID LINE untuk LINE Bank oleh Hana Bank merupakan ketentuan tambahan dari Kebijakan Privasi LINE, yang tetap berlaku dan berlaku sama terhadap item informasi tambahan yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini.

    Kebijakan Privasi penggunaan informasi lokasi LINE Bank oleh Hana Bank

    Anda setuju untuk memberikan informasi lokasi kepada LINE Bank oleh Hana Bank untuk menerima layanan, pengalaman, dan manfaat yang dipersonalisasi selama Anda menggunakan layanan LINE Bank. Segala bentuk informasi lokasi akan diproses dan ditangani sesuai dengan Kebijakan Privasi LINE Bank by Hana Bank.

    Informasi yang Dibagikan oleh LINE kepada Hana Bank

    Anda setuju bahwa Untuk memberikan fasilitas Layanan, dan mendukung pelanggan sehubungan dengan Layanan kami untuk mencegah penggunaan Layanan kami tanpa izin, LY Corporation dapat memberikan informasi pribadi yang telah dikumpulkan oleh LY Corporation kepada Hana Bank sejauh memberikan Layanan yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi LINE Bank oleh Hana Bank

    Ketika Anda mengajukan permintaan untuk memperbaiki dan/atau memperbarui informasi pribadi Anda dalam sistem LY Corporation, LY Corporation mengumpulkan informasi pribadi tersebut untuk tujuan memperbarui catatan kami. Atas hal tersebut, LY Corporation juga akan secara otomatis membagikan informasi pribadi tersebut dengan Hana Bank untuk tujuan memperbarui sistem pencatatan Hana Bank, untuk tujuan menyediakan Layanan dan memastikan pengalaman pengguna yang lancar.

    Informasi pribadi yang dibagikan oleh Hana Bank kepada LYC (atau LY Corporation) akan diproses dan ditangani sesuai dengan Kebijakan Privasi LINE Bank by Hana Bank.

    Informasi yang Dibagikan oleh Hana Bank kepada LINE

    Silakan mengacu pada Kebijakan Privasi LINE Bank by Hana Bank untuk rincian informasi yang dibagikan oleh Hana Bank kepada LYC (atau LY Corporation) untuk semua data yang dibagikan untuk dan/atau kepada pihak lain berdasarkan persetujuan individu Pelanggan.

  9. Pengakuan dan Persetujuan

    Dengan menggunakan Aplikasi, anda mengakui bahwa anda telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini dan Ketentuan Penggunaan dan setuju dan sepakat terhadap penggunaan, praktek, pemrosesan dan pengalihan informasi pribadi anda oleh Bank sebagaimana dinyatakan di dalam Kebijakan Privasi ini.

    Anda juga menyatakan bahwa anda memiliki hak untuk membagikan seluruh informasi yang telah anda berikan kepada Bank dan untuk memberikan hak kepada Bank untuk menggunakan dan membagikan informasi tersebut kepada Penyedia Layanan.

  10. Berhenti Menerima E-mail

    Bank memiliki kebijakan untuk memilih masuk/keluar dari database. Jika Anda ingin berhenti menerima email dari Bank, silahkan klik link unsubscribe yang disertakan pada masing-masing e-mail.

  11. Hubungi Kami

    Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang privasi dan keamanan informasi Anda dan ingin memperbarui atau menghapus data Anda maka silakan hubungi kami di telepon 1500021 atau kunjungi cabang BNI terdekat.

Confirmation

Anti-phishing image must first register in order to proceed with a transaction variant

OK
Close